9 Cara Mengetahui Penyebab Laptop Cepat Panas

28 views

Laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Namun ada perbedaan mendasar yang ada yakni masalah dimensi. Dimensi laptop ini lebih kecil dan tipis sehingga bisa dibawa kemana saja. Kelebihan yang ditawarkan oleh laptop selain itu adalah simpel dan tak bikin repot ketika di bawa. Secara komponen yang digunakan hampir sama ada layar monitor, vga, processor, ram, motherboard, kipas, dvd room dll. Komponen ini juga berpotensi memberikan panas ketika di operasikan. Maka itu para produsen laptop akan membuat dan merancang sedemikian rupa sehingga panas yang ada ini akan bisa dibuang secepat dan seefektif mungkin.

Meskipun sudah di buat agar laptop ini tidak cepat panas, dengan seiringnya waktu tanpa di sadari laptop menjadi panas. Mengapa bisa seperti itu?? Yuk kita bahas penyebab terjadinya yang bersumber dari website servicekomputerpanggilantangerang.com. Begini ulasannya :

1. Banyak menjalankan aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang dijalankan pada sebuah laptop maka tingkat kinerja dari komponen yang ada ini akan semakin tinggi. Dengan kondisi ini, maka panas yang dihasilkan pun akan semakin besar. Untuk itu agar laptop tidak menghasilkan panas yang berlebihan ada baiknya gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja. Sehingga bila memang tidak diperlukan sekali saat itu ada baiknya untuk di close terlebih dahulu.

2. Letak laptop

Tempat untuk meletakkan laptop ketika sedang dioperasikan ini perlu sekali diperhatikan. Gunakanlah media yang keras seperti meja lipat atau buku. Jangan pernah meletakkan di atas benda yang lembut seperti bantal. Karena bila meletakkannya di bantal panas yang ada tidak bisa terbuang dengan baik karena hanya mengendap di situ saja. Umumnya tempat pembuangan udara panas itu ada di sisi kiri atau kanan, namun ada juga yang berada di bawah laptop sendiri. Bila ini berlangsung terus dalam waktu yang lama, maka bisa jadi laptop akan overheat.

3. Thermal pasta kering

Panas yang terjadi pada prosesor ini sebisa mungkin harus dibuang. Untuk membuang dan menyalurkan diperlukan sebuah pendingin. Agar proses penyaluran panas berjalan maksimal maka dibutuhkan pasta. Untuk itu lakukan cek berkala pada bagian ini supaya panas yang ada bisa dikeluarkan secara maksimal.

4. Kipas kotor

Fan atau kipas ini membantu membuang panas yang ada di dalam untuk keluar. Seringnya akan dipasang pada bagian sisi kiri dan kanan, ada juga si bagian belakang bahkan tak jarang di bawah laptop sendiri. Cara kerjanya adalah baling – baling yang ada ini akan menyedot keluar panas di dalam. Bila kipas ini penuh debu maka proses tidak akan berjalan dengan baik.

5. Pemakaian berlebihan

Pemakaian laptop dalam waktu yang lama akan membuat suhu laptop semakin tinggi. Sebab komponen yang ada di dalamnya pun akan mengeluarkan panas. Maka dari itu ambillah jeda barang 5 – 15 menitan untuk mengistirahatkan laptop tersebut.

6.Debu

Debu adalah partikel kecil yang susah kita lihat. Namun seiring waktu berjalan lambat laun akan terlihat dan menempel di bagian dalam laptop sendiri. Debu yang ada ini pasti akan memggangu sekali proses pembuangan panas baik dari komponen yang mengalir di pendingin dan juga panas yang ada untuk dibuang ke luar. Lakukan pembersihan rutin secara berkala untuk menghindari kejadian ini.

7. Kerja laptop berlebihan

Pengoperasian di luar batas spesifikasi dari laptop juga memberi andil besar. Banyak orang yang tak menyadari hal ini. Sering menjalankan aplikasi yang berat layaknya game atau aplikasi editing atau video. Bila spesifikasi laptop di bawah batas yang seharusnya digunakan oleh aplikasi ini, maka kerjanya akan sangat keras sekali. Alhasil panas berlebihan tak bisa di hindari.

8. Memakai sambil di charger

Memakai laptop sambil di cas memang bisa dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa cara ini bisa menghasilkan panas berlebih. Untuk itu bila sedang mengoperasikan lepaskan charger terlebih dahulu atau bila ingin mengisi baterai colokkan saja tanpa menggunakan untuk aktivitas yang ada.

9. Virus

Laptop yang terkena virus bisa mengakibatkan panas berlebihan. Mengapa bisa begitu?? Umumnya virus akan menyerang sistem sehingga bisa membuat perintah tersendiri tanpa dikomando kita. Dengan bekerja tanpa kontrol membuat sistem dipaksa bekerja tanpa henti. Akhirnya panas pun tak bisa dihindari lagi.

Lakukan tips di atas ini dengan segera karena bila tidak disegerakan akan berakibat fatal. Perangkat software dan hardware pun malahan nanti bisa rusak. Bila rusak harus mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi dan memerlukan ahli perbaikan semisal service laptop di jakarta bila anda yang berlokasi di area ibu kota.