Cara Mengurangi Sampah Sisa Makanan

33 views

Tahukah kamu kalau sampah sisa makanan yang tidak dibuang pada tong sampah besar ternyata menjadi salah satu penyumbang kerusakan pada lingkungan yang cukup besar? Sisa makanan yang terbuang bukan hanya karena basi saja, tapi ada juga yang karena terlalu banyak dibelanjakan dan akhirnya tidak terpakai begitu saja.

Setelah mengetahui dampaknya yang buruk untuk lingkungan, ada baiknya jika kamu melakukan tindakan pencegahan untuk menimalisir sampah sisa makanan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Membeli bahan makanan segar, tapi jangan membeli persediaan terlalu banyak

Bahan makanan segar ini bisa langsung kamu olah dan usahakan jangan disimpan terlalu lama didalam kulkas ya. Daripada malah jadi basi, mending membeli secukupnya saja.

2. Simpan dengan tepat

Meski sudah dimasukkan kedalam kulkas, bahan makanan akan berpotensi cepat busuk kalau kamu meletakkan pada wadah yang kurang tepat.

3. Bersihkan kulkas secara rutin dan cek tanggal kadaluwarsa makanan

Menata ulang isi didalam kulkas dengan menaruh makanan lama pada bagian depan supaya bisa segera dipakai. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya supaya terhindar dari mengonsumsi makanan yang sudah basi.

4. Usahakan kreatif saat mengolah makanan yang sudah lama disimpan di dalam kulkas

Sebelum memutuskan membuang bahan makanan, mending putar otak dulu deh untuk mengolah makanan menjadi suatu hidangan yang lebih menarik. Yang penting kemakan deh, jangan sampai ada yang terbuang.

5. Kalau terlanjur ada makanan sisa, bisa dijadikan kompos saja

Kalau benar-benar sudah tidak bisa diolah, kamu bisa merubah sisa bahan makanan menjadi pupuk kompos.

Nah, cara ini berlaku juga jika kamu jajan diluar. Cukupkan porsinya dengan kebutuhan perut saja ya, jangan sampai berlebihan. Kalau nyisa bisa dibawa pulang saja, jangan dibuang di jalan.

Selain lebih irit, meminimalisir sampah sisa makanan pun bisa membantu mengurangi kerusakan pada lingkungan. Lagian kan mubadzir kalau makanan dibuang, karena masih banyak sekali orang yang membutuhkan makanan yang layak.

Semoga cara-cara di atas bisa dipraktekkan dengan baik ya dalam kehidupan sehari-hari.