Cara Merakit Drone, Alat dan Bahan (Step by Step)

19 views

Cara merakit Drone terbilang susah-susah gampang. Merakit drone sendiri biasa dilakukan oleh mereka yang ingin mengikuti liga drone racing. Drone racing biasa memiliki ukuran minimalis dengan empat baling-baling.

Nah, Anda yang ingin merakit drone bisa simak ulasan di bawah ini.

Cara Merakit Drone Step by Step

Untuk Anda yang ingin merakit drone sendiri, berikut beberapa langkahnya:

  • Kumpulkan Bahan-bahan Drone

Untuk membuat drone siapkan dahulu bahan-bahannya, di antaranya adalah :

  • ESC merupakan singkatan dari Electronic Speed Control. Fungsi dari ESC sendiri sebagai penghantar listrik sehingga drone bisa diterbangkan. 
  • Frame merupakan kerangka dari drone yang bisa dibuat sendiri maupun dibeli di pasaran yang siap sudah siap digunakan. Bila ingin membuatnya sendiri Anda bisa menggunakan bahan plastik, aluminium, kayu, dan carbon fiber. 
  • Ada dua jenis tipe motor drone yang digunakan yaitu tipe brushed dan brushless. Tipe brushless memakai medan magnet diletakan ditengah dengan kumparan kawat lebih banyak. Kelebihannya adalah lebih powerfull dan awet dalam segi maintenance. 

Sementara brushed memiliki medan magnet di luar motor sementara kumparannya diletakan di tengah motor. Hal ini memiliki kelemahan tenaga yang dihasilkan drone kurang maksimal.

  • Cara merakit drone sederhana membutuhkan flight control. Dalam flight control terdiri dari dua chip yakni untuk flight control dan accelerometer. 
  • Umumnya dalam merakit drone menggunakan baterai Lipo. Lipo sendiri merupakan singkatan dari lithium polymer. Dalam membuat drone mini minimal memakai baterai Lipo 2S atau 2 Cell. 1 buah cell terdiri dari 3,7 volt. 
  • Remote control ataupun transmitter berfungsi untuk mengontrol drone dari jauh. Dari remote control ini drone bisa diatur ketinggian terbangnya hingga menghindar dari rintangan yang ada di depannya.
  • Kamera FPV ini dibutuhkan untuk mengambil video atau gambar saat drone diterbangkan
  • Propeller Drone adalah baling-baling untuk membuat drone memiliki daya angkat. Ukuran propeller berpengaruh pula pada kecepatan drone saat melaju.

Bahan Tambahan

Selain bahan diatas Anda juga perlu menyiapkan obeng, solder, tang hingga multimeter untuk uji koneksi.

  • Perakitan

Mula-mula buat framenya terlebih dahulu. Setelah kerangka dibuat lanjutkan dengan memasang propeller drone. Selanjutnya pasang motor drone. Bila Anda menggunakan motor brushless maka membutuhkan ESC. ESC kemudian dihubungkan ke motor dan power distribution board.

Lanjutkan dengan menghubungkan flight controller yang ada di ESC dengan baterai lipo. Perekatan setiap bagian drone menggunakan solder maupung obeng dan tang. Sambungkan konektor atau kabel lalu pasang transmitter untuk mengkoneksikan drone dengan remote control.

  • Uji Coba Menerbangkan

Setelah mengetahui bagaimana cara merakit drone racing kini saatnya untuk menerbangkan drone Anda. Setelah memasang kamera FPV pada bagian drone maka manuver drone siap untuk dilakukan. Uji cobalah pada ruangan yang cukup luas terlebih dahulu. Bila drone berhasil terbang dengan sempurna lanjutkan ke ruangan yang memiliki halangan atau sekat untuk menguji belokan drone.

Cara merakit drone juga tidaklah mudah walaupun mengetahui bahan yang digunakan. Apalagi untuk pemula yang belum pernah menerbangkan drone. Untuk mengetahui bagaimana menerbangkan drone bisa menyewa drone melalui website sewa drone batam

Tersedia tiga paket unggulan untuk menikmati pengambilan gambar memakai drone. Jenis drone yang digunakan memiliki teknologi canggih dan terbaru yakni DJI Phantom 4. Ichsan drone juga menyediakan jasa editing video maksimal 3 kali revisi.

Anda juga dapat memiliki RAW video serta menambahkan effect, musik hingga text dalam gambar yang diambil. Bagaimana tertarik untuk menggunakan jasa Ichsan drone? Jika iya Anda juga dapat menghubungi +62 821-1000-5428 via whatsapp.