Ciri-ciri Tanah Pertanian Subur yang Harus Anda Ketahui

0 views

Sebelum memulai bercocok tanam sebaiknya mengetahui tanah pertanian subur yang tepat untuk digunakan agar menghasilkan produk bermutu tinggi serta meningkat secara signifikan. Memahami hal tersebut menjadi sangat penting sebagai bekal untuk nantinya.

Ciri-ciri Tanah Pertanian Subur

Pertanian yang subur dapat diamati melalui penampakan luarnya, hal ini dapat dijadikan indikasi jika nantinya ada kemungkinan terjadi kerusakan atau lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri tanah yang cocok untuk ditanami?

Sumber lengkap : https://berkebun.co.id/

1. Memiliki Kadar Keasaman Tanah Tepat

Kadar keasaman atau biasa disebut dengan PH yang baik adalah berada dimana 6-8, untuk mencapainya biasanya dilakukan dengan pengapuran. Tujuanya adalah kondisi media tanam semakin subur dan memberi hasil bagus.

Ciri-ciri lainnya adalah teksturnya seperti lempung yaitu solid dan cenderung gelap dan tidak mudah pecah saat dipegang. Hal ini berperan penting untuk memudahkan mengikat unsur penting dari dalam tanah misalnya zat hara, miner, dan sebagainya.

2. Lapisan Humus Tebal

Humus merupakan tanah yang memiliki kandungan organik yang menjadi tempat tinggal dari mikroorganisme penyubur tanah. Tujuannya agar media tanam memiliki kemampuan lebih baik seperti daya serapnya terhadap air tinggi, sehingga meminimalisir terjadinya erosi.

Humus dalam tanah terdiri dari campuran bahan-bahan organik seperti daun, ranting, bangkai hewan, dan lainnya. Manfaatnya sendiri sangat banyak salah satunya adalh untuk menyuburkan tanah pertanian. Namun perlu Anda perhatikan semakin subur media tanam maka mikroorganismenya banyak.

3. Biota Tanah Tinggi

Tanah yang subur dapat dilihat dari sedikit atau banyaknya biota tanah, misalnya cacing, rayap, dan sebagainya. Ciri-ciri paling sederhana sebagai indikasi kecocokan untuk digunakan sebagai media tanam, agar dapat terawat sebaiknya gunakan seperti pestisida serta pupuk organik.

Ciri-ciri lainnya adalah yang bisa Anda amati secara kasat mata adalah warnanya lebih gelap dan terlihat sisa-sisa daun busuk. Bagi Anda yang memulai bercocok tanam harus memiliki pengetahuan terkait dasarnya seperti memahami cara merawat, penempatan, dan lainnya.

Demikian penjelasan terkait dengan ciri-ciri tanah pertanian subur dan sangat baik untuk ditanami. Saat bercocok tanam tentu yang diharapkan adalah dapat menghasilkan panenan terbaik, hal ini tentu dapat menguntungkan.