Jenis-jenis Kapal

0 views

Kapal adalah kendaraan yang berada di air, untuk mengangkut penumpang dan barang. Kapal ini berukuran besar dari pada perahu, sekoci, sampan dan lain – lain. Di dalam kapal biasanya tersedia sekoci untuk penyelamatan di saat bahaya. 

Pada zaman dahulu masyarakat pada umumnya menggunakan perahu untuk menyeberangi laut, sungai dan perairan lainnya. Semakin besar kebutuhan diciptakan lah kapal yang berukuran besar. Bahan yang digunakan pada zaman dahulu untuk membuat kapal adalah kayu, bambu, batang papirus dan lain – lain.

Kemudian bangsa mesir kuno menggunakan logam agar kapal menjadi kuat. Untuk menggerakan kapal dahulu menggunakan dayung dan layar yang dibantu oleh angin. Setelah muncul revolusi industri mulai lah menggunakan mesin uap dan mesin diesel. 

Setelah itu baru munculah kapal bermesin seperti, hovercraft dan ekranoplane. Ada juga kapal yang ada di dasar laut namanya kapal selam. Sampai berabad – abad kemudian kapal terus berkembang.

Hingga akhirnya di awal abang ke 20 di ciptakanlah pesawat terbang yang fungsinya sama mengangkut penumpang dan barang dengan waktu yang singkat dari pada kapal. Namun pesawat tidak mampu membawa muatan barang yang nesar – besar sehingga di gunakanlah kapal seperti, kapal niaga dan tanker untuk mengangkut barang.

Lihat juga : Produk dan Jasa Konstruksi Stabilitas Kapal Murah di Medan

JENIS – JENIS KAPAL

1. Kapal Feri

Kapal feri kapal yang sering digunakan untuk menyeberangi antar pulau. Kapal feri ini sangat penting di indonesia. Kapal feri menggunakan pelabuhan khusus untuk menuruni penumpang dan bersandarnya kapal feri dengan cepat.

2. Kapal Barang

Kapal barang sesuai dengan namanya kapal ini digunakan untuk mengangkut barang. Kapal barang juga sering disebut dengan cargo ship yang mampu membawa barang dagangan internasional dN mampu menyusuri lautan dan samudra setiap tahunnya. Di indonesia sering digunakan untuk mengangkut bahan pangan dari pulau ke pulau lainnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup lebih mudah.

Dengan menggunakan kapal barang ini dapat meratakan pendistribusian bahan pangan akan semakin mudah. Dan kapal barang ini design dibuat khusus untuk mengangkut barang yang di dalamnya ada crane dan mekanisme lainnya agar mempermudah bongkaran muatan.

3. Kapal Pesiar

Kapal pesiar sering digunakan untuk pariwisata, karena desainnya yang mewah mampu menjadi daya tarik pengunjung untuk menggunakannya. Di dalam kapal ini terdapat fasilitas mewah seperti, hotel berbintang. Rute perjalanan kapal pesiar tergantung dari jenis kapal pesiarnya, biasanya paling sering rutenya selalu kembali ke titik awal keberangkatan. Jenis kapal ini cocok untuk penumpang yang ingin berekreasi.

4. Kapal Tanker

Kapal tanker kapal yang sering digunakan untuk mengangkut minyak dan bahan – bahan lainnya, kapal tanker di design safety yang berbeda dari kapal angkut lainnya. Kapal tanker memiliki 2 jenis yaitu, product tanker dan crude carrier. Untuk mengangkut barang harus di bedakan yang mana bahan yang bersih dan kotor agar tidak tercampur.

5. Kapal Derek

Kapal derek sesuai dengan namanya kapal ini digunakan untuk mengangkat barang – barang berat. Karena kemampuannya kapal ini sering digunakan untuk membantu konstruksi di lepas pantai. Dan kelebihan lainnya mampu mengangkat berat ratusan hingga ribuan ton.

 

Nahh, itu tadi jenis – jenis kapal dan masih banyak lagi jenis – jenis kapal lainnya. Buat kalian yang ingin mempunyai kapal pribadi bisa menggunakan jasa pembuatan kapal di medan untuk membuat kapal pribadi impian kalian.

terimakasih…. stay safe yaa