Kenali Ciri-Ciri Esai Supaya Tidak Keliru

43 views

Esai atau karangan prosa, namun lebih ilmiah merupakan sebuah tulisan dengan mengulas suatu masalah tertentu dan memberikan opini penulis, juga disertai solusi yang diinginkan untuk mencapai penyelesaian. Maka, untuk mengenali jenis karya ini harus mengetahui ciri-ciri esai lebih dulu.

Tentang Esai

Karangan esai satu ini telah dikenal sejak tahun 1500-an yang dipopulerkan oleh Montaigne, seorang filsafat Perancis. Kemudian mulai dikenal di Indonesia karena diperkenalkan oleh B.H Jassin, hingga kini masih menjadi karya yang banyak diminati.

Menulis esai pun sebenarnya sederhana, sebab ia mengulas sebuah masalah tertentu dengan memberikan opini pribadi penulis dan solusi yang diharapkan. Namun, harus tetap memperhatikan kaidah-kaidah tertentu supaya dianggap sebagai karya esai.

Contoh esai pun sangat mudah ditemui melalui media-media cetak, seperti koran maupun platform online. Bahkan, saat ini banyak pula website-website tertentu yang membagikannya. Sehingga memudahkan siapapun yang ingin mencari referensi terkait hal ini.

Ciri-ciri Esai

Sebuah esai supaya mudah dikenali, maka harus memiliki ciri-ciri khas dari karangan ini. Karena, tidak bisa serta merta karya berbentuk prosa dikatakan sebagai sebuah esai. Maka dari itu, berikut karakteristiknya:

  1. Salah satu ciri-ciri esai adalah ia sebuah karangan yang berbentuk prosa, dimana tulisannya tanpa memberikan ungkapan figuratif dengan bahasa biasa saja.
  2. Esai bisa dikatakan karya yang tidak utuh, sebab penulis hanya akan mengkaji poin-poin penting dan menarik dari objek dan subjek untuk diulas.
  3. Sebuah tulisan esai pasti memiliki gaya pembeda dan khas dengan karya penulis lain, sehingga lebih mudah dikenali.
  4. Meskipun singkat dan sederhana, namun masih memenuhi kriteria penulisan seperti adanya pembuka, inti pembahasan dan penutup.
  5. Singkat dan memiliki ciri khas tersendiri adalah gaya penulisan esai. Sebab, hanya mengutamakan hal penting dan menarik membuat bahasannya tak sepanjang karya  ilmiah. Selain itu, ciri pribadi yang khas merupakan karakteristik penulis dalam menyampaikan opini.

Apabila telah memahami ciri-ciri esai tersebut, maka pasti akan mudah untuk mengetahui perbedaannya dengan karya sastra jenis lain. Demikian hal yang perlu diketahui sebelum menuliskan tulisan menarik satu ini.