Klasifikasi Pengukuran Tanah yang Benar

14 views

Klasifikasi Pengukuran Tanah

Saat ini pengukuran tanah sedang berkembang di tengah masyarakat Indonesia, dikarenakan banyak sekali infrastruktur pembangunan yang terus dibangun di atas tanah kosong, namun sebenarnya apa itu klasifikasi pengukuran tanah. Tidak heran jika ada beberapa pertanyaan seperti, sebutkan klasifikasi pengukuran tanah?

Pengertian Ilmu Ukur Tanah dan Klasifikasinya

Untuk memundahkannya tentu diperlukan pengukuran-pengukuran dari titik-titik yang dihitung. Berikut klasifikasinya:

  1. Pengukuran pada Titik Kontrol

Pengukuran yang dilakukan dengan menetapkan jaringan tugu horizontal dan vertikal sebagai kerangka acuan untuk pengukuran media yang lain. Teknik ini paling sering digunakan oleh para peneliti, dengan cara yang sederhana namun hasil yang diperoleh cukup akurat.

Cara kerja titik kontrol tergolong lebih sederhana Karen alat-alat yang digunakan juga tidak begitu banyak. Selain metode ini, masih ada jalan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, yaitu dengan pengukuran topografi.

  1. Pengukuran Topografi

Metode selanjutnya adalah dengan menentukan ciri alamiah dan buatan. Pada prinsipnya pengukuran ini dilakukan terhadap kenampakan struktur bentuk topografi yang terjadi karena bantukan alam maupun manusia itu sendiri, maka kemudian dipresentasikan dalam gambar dua dimensi.

Cara yang dilakukan adalah dengan pengukuran sudut horizontal yang diterapkan pada bidangnya sedang vertikal adalah landasan curamnya. Penggambaran dua dimensi ini cukup memudahkan bagi para ahli untuk mendapatkan hasil akurat di lapangan.

  1. Pengukuran Persil

Kemudian ada metode persil yang juga lazim digunakan dalam lapangan, metode satu ini berpangku pada batas atau kadastral pengukuran garis tertutup yang nantinya digunakan untuk menetapkan garis-garis dan sudut yang menjadi batas kepemilikan tanah kemudian akan dipetakan atau dikaplingkan.

Anda pasti juga kerap menemui orang lapangan yang survey ke dalam tanah seseorang kemudian meletakkannya, kemungkinan mereka menggunakan pengukuran persil. Dengan metode ini hasil yang didapatkan juga akurat serta tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

  1. Pengukuran Jalur Lintas

Nah, untuk pengukuran jalur lintas, metode ini biasanya digunakan untuk melakukan pemerataan pada pembangunan, perencanaan, juga perancangan yang diterapkan pada jalan raya jalur pipa, dan proyek-proyek panjang lainnya yang dibutuhkan penggambarannya.

Untuk teknik satu ini para operator yang bertugas tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan hasil yang akurat. Alhasil, kesalahan akan diminimalisir sekecil mungkin agar pemetaan yang didapatkan bisa sesuai dengan harapan.

  1. Pengukuran Hidrografi

Selanjutnya ada pengukuran hidrografi yang biasanya digunakan untuk mengukur dan menentukan garis pantai dalam kedalaman perairan seperti batas pantai, danau, sungai, laut, dan lainnya. Cara ini cukup memakan waktu yang lama mengingat banyaknya proses yang dilakukan

Banyaknya proses yang dilakukan membuat hasil juga akan keluar lebih lama akan diatasi. Yaitu dengan melakukan pengukuran hidrografi akan membantu pembangunan dalam sektor pariwisata pesisir yang nantinya memberikan pemasukan bagi wilayah tersebut.

Beberapa Jenis dari Survey Pengukuran Tanah

Mungkin bagi orang awam masih belum terlalu mengenal tentang kegiatan survei tanah. Ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh jika melakukannya dengan benar. Untuk itu dibawah ini ada beberapa klasifikasi jenis survei tanah berdasarkan kebutuhannya.

  • Survey batas yaitu untuk menentukan kepemilikan lahan suatu wilayah
  • Survey Deformasi untuk menentukan apakah struktur dalam tanah mengalami pergerakan atau suatu pergerakan pola yang berbahaya
  • Survey Rekayasa yakni untuk melihat apakah lokasi tersebut layak dijadikan fasilitas umum seperti pembuatan jalan, gedung, bangunan, gedung gedung,dan semacamnya.
  • Survey Topografi memang sangat berguna untuk jasa pemetaan, terutama dalam membuat pemetaan pada permukaan bumi yang digambarkan dalam bentuk 3D dan garis kontur
  • Survey Hidrografi, kegiatan ini dilakukan untuk mengukur kedalaman serta topografi dari dasar laut yang berguna sebagai navigasi kapal, pembangunan sektor pariwisata pesisir, dan lainnya
  • Survey konstruksi atau yang lebih biasa disebut rekayasa. Digunakan untuk jalannya pembangunan yang lebih mengarah ke bidang konstruksi
  • Survey Navigasi, biasanya dilakukan untuk mengetahui posisi suatu object misalkan pesawat terbang rudal, kapal, apakah berada diluar jalur atau masih dalam batas aman.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Survei

Bukan hanya persiapan yang matang saja yang harus dilakukan dengan teliti demi mendapatkan hasil yang maksimal, namun juga memperhatikan dengan seksama detail perlengkapan yang nantinya akan dipakai. Berikut adalah beberapa alat menjalankan survei:

  • Peta Topografi, biasanya digunakan untuk mencari tahu informasi keberadaan, tingkat vegetasi yang ada dalam wilayah tersebut.
  • Kompas geologi, ada banyak kegunaan yang bisa didapatkan mulai dari penunjuk arah sampai menentukan tingkat kedudukan suatu object
  • Palu geologi, nama ini sepertinya masih asing di telinga, alat ini digunakan untuk mendapatkan pecahan sampling
  • Palu batuan beku, biasa digunakan untuk memecahkan benda yang tidak bisa dihancurkan dengan palu geologi
  • Lup, merupakan lensa cembung untuk memiliki titik-titik fokus pada lensanya, alat ini biasanya digunakan untuk mengamati suatu objek yang sangat kecil atau mineral dengan fokus tinggi
  • Pita atau tali ukur untuk mengukur panjang lintasan yang ada di lokasi survey, biasanya berbentuk roll sehingga mudah dibawa dan hemat tempat
  • Kantong, sebenarnya bisa menggunakan bahan apa saja yang kegunaannya bisa untuk wadah sampling dari batuan atau object yang akan diteliti
  • GPS, para peneliti biasanya menggunakan untuk menentukan koordinat suatu posisi, kecepatan arah saat menjalankan survey.intinya agar tidak hilang
  • Buku dan alat tulis, para peneliti biasanya lebih senang menggunakan ini daripada mencatat di smartphone saja
  • Kamera, digunakan untuk potret dan publish hasil dari survey

Pertanyaan sebutkan klasifikasi pengukuran tanah? Memang sudah terjawab dengan beberapa ulasan di atas.

 

 

Galeri untuk Klasifikasi Pengukuran Tanah yang Benar