Menguntungkan, Pembelajaran Kontekstual Ternyata Bisa Berikan 3 Hal Ini

35 views

Pembelajaran kontekstual merupakan sebuah konsep belajar yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Seorang guru yang memilih konsep ini akan membawa kondisi dunia nyata ke dalam kelas. Hal tersebut akan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Secara alamiah, siswa akan memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat. Pembelajaran kontekstual dapat memberikan beberapa hal yang bermanfaat bagi siswa diantaranya sebagai berikut.

Berpikir Kritis

Siswa akan terbiasa berpikir kritis ketika guru membawa situasi kehidupan nyata ke dalam kelas. Jika biasanya siswa hanya berpikir berdasarkan materi dari buku yang mereka gunakan, melalui model kontekstual mereka akan berpikir lebih jauh. Pikiran siswa akan lebih terbuka ketika menghadapi masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, siswa akan terbiasa mengatasi setiap permasalahan yang ada berdasarkan pemikiran kritisnya.

Meningkatkan Kerja Sama Kelompok

Dalam model kontekstual, guru akan membentuk siswa dalam kelompok belajar sehingga pembelajaran lebih efektif. Hal ini dapat membuat siswa bersosialisasi yang pada akhirnya tumbuh rasa kekeluargaan yang tinggi. Dengan rasa kekeluargaan ini, siswa dapat bekerja sama dengan baik bersama kelompoknya. Siswa yang sudah terbiasa kerja sama bersama kelompoknya tentu akan terbiasa mengikuti berbagai kegiatan ketika berada di lingkungan masyarakat. Rasa minder dan tidak peduli akan sirna seiring meningkatnya rasa kerja sama antar kelompok ini.

Kreatif dan Tidak Membosankan

Ketika siswa tidak menyukai model pembelajaran yang diberikan oleh seorang guru, mereka akan mudah bosan dan tidak memperhatikan materi pelajaran. Hal ini dapat diatasi melalui pembelajaran kontekstual. Model kontekstual dapat memancing kreativitas siswa sehingga belajar menjadi tidak membosankan. Siswa akan lebih bersemangat yang berujung pada meningkatnya minat belajar para siswa. Minat belajar yang tinggi akan membuat proses pemahaman siswa menjadi lebih cepat dibanding biasanya.

Model pembelajaran memang ada banyak macamnya. Namun memilih model pembelajaran yang dapat membantu siap lebih bersemangat dalam belajar adalah suatu keharusan. Pembelajaran kontekstual menjadi salah satu model pembelajaran kreatif yang layak dicoba oleh setiap guru karena memberikan manfaat yang beragam pada siswa.

Rekomendasi bacaan Lanjutan : Percetakan penyedia kebutuhan sekolah