Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Sewa Bus pariwisata

25 views

Memilih untuk sewa bus pariwisata untuk menemani perjalanan liburan Anda memang bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya, dengan menyewa bus dianggap lebih hemat dan fleksibel serta bisa membantu melancarkan rencana liburan Anda. Meskipun begitu, sebelum Anda melakukan penyewaan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa syarat yang harus dipenuhi dan harus diketahui ketika melakukan penyewaan. Apa sajakah itu?

Mengetahui Biaya yang Terbackup

Salah satu hal yang penting untuk diketahui mengetahui berapa besaran biaya sewa yang harus dikeluarkan. Meskipun begitu, Anda juga harus tahu bahwa biaya tersebut digunakan atau mencakup apa saja. Biasanya, untuk biaya sewa bus pariwisata akan mencakup beberapa hal. Dari mulai biaya untuk bayar sopir, bahan bakar dan tentunya asuransi perjalanan.

Kebanyakan pihak penyedia jasa akan memberikan keterangan atau rincian terlebih dahulu ketika Anda menyewa. Ketiga hal ini sudah mutlak dan pasti Anda dapatkan. Begitu pun dengan fasilitas umum yang ada di bus. Namun, untuk menambah fasilitas tambahan maka Anda bisa menambah biaya sewa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengetahui Biaya Sewa yang Tidak Berbackup

Selain mengetahui apa saja yang dibackup oleh biaya sewa, tentu Anda pun harus mengetahui hal apa yang tidak termasuk dalam backupan. Hal ini agar Anda sendiri pun bisa menyiapkan dana tambahan jikalau nanti ada keperluan. Beberapa biaya yang biasanya tidak terbackup oleh biaya sewa adalah seperti biaya tol khususnya bagi Anda yang akan sewa bus pariwisata untuk tujuan luar kota, biaya parkir di tempat wisata, tips untuk sopir maupun uang makan untuk sopir, tiket masuk ke beberapa objek wisata, dan tentunya biaya-biaya lain di luar biaya yang sudah terbackup. Meskipun begitu, beberapa perusahaan atau penyedia jasa sewa ada yang juga menyediakan layanan pembiayaan full sehingga Anda tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut.

Jadwal Sewa

Selain masalah backupan biaya, mana saja yang termasuk pembiayaan sewa dan tidak, masalah jadwal penyewaan pun penting sekali untuk diperhatikan. Pasalnya, untuk jadwal atau waktu sewa tentu ada ketentuan khusus yang mengikatnya. Meskipun setiap sewa memiliki kebijakan khusus, namun secara umum kebanyakannya ketentuan tersebut sama.

Di mana syaratnya tersebut adalah seperti waktu penyewaan untuk tour dalam kota adalah sekitar 12 jam. Sementara untuk waktu tour ke luar kota, maka hitungan sewa per harinya adalah 18 jam. Jika lebih dari itu, maka bisa disesuaikan dengan kesepakatan. Tak hanya itu, biasanya juga pihak penyedia sewa bus pariwisata akan memberlakukan denda jika pengembalian mobil di luar batas jadwal penyewaan.

Ketentuan Pemesanan dan Pembayaran

Syarat lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah masalah ketentuan pemesanan dan pembayaran. Secara umum untuk pemesanan sewa bus bisa dilakukan langsung dengan cara Anda mendatangi kantor penyedia jasa tersebut. atau, jika pihaknya menyediakan layanan pemesan online, maka Anda bisa melakukan pemesanan sesuai instruksi yang ada. Nantinya, Anda harus memberitahu secara jelas, berapa lama Anda menyewa, jenis bus apa yang disewa, dan berapa kapasitas penumpang yang dibutuhkan.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menyelesaikan masalah pembayaran. Jika keberangkatan masih lama, maka Anda cukup membayar biaya DP atau uang muka. Kebanyakan jumlah uang DP ini sebanyak 25 %. Namun tergantung pada kebijakan pihak jasanya sendiri. Untuk biaya pelunasan, bisa dilakukan maksimal 1 hari sebelum  keberangkatan dilakukan.

Pada dasarnya, untuk sewa bus pariwisata jakarta ini perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah perihal syarat dan ketentuan tersebut. Jika sudah diketahui dengan baik, tentu Anda pun bisa melakukan proses penyewaan dengan lancar dan segalanya sudah dipersiapkan dengan baik.