memandikan kucing

Tips Mudah Memandikan Kucing Biar Gak Lari larian

71 views

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling tidak suka sama air, ciri khas kucing memang bakalan lari jika kecipratan air, apalagi kalau udah kecebur ke kolam. Sudah pasti panik dan sesegera mungkin mencoba keluar dari air.

Oleh karena itu, dengan takutnya kucing ke air menyebabkan kita sebagai pemilik kucing akan merasa kesusahan saat akan memandikan kucing. Padahal kan itu wajib demi menjaga kebersihan kucing.

Meski secara alami kucing mandi sendiri dengan menjilati tubuhnya. Namun dalam beberapa kondisi, mereka lebih baik dimandikan, terutama saat dimana bulu kucing sangat kotor penuh dengan lumpur. Maka sangat disarankan untuk segera memandikannya.

memandikan kucing

Untuk itu, kali ini admin mau share mengenai cara memandikan kucing biar tenang dan gak lari larian.

1. Tenangkan kucing dan baik baikin

Jadi awal sebelum kucing Anda bawa ke kamar mandi, sebaiknya manjain terlebih dahulu dan baik baikin terus. Nanti kalau sudah dirasa cukup. Coba bawa si kucing ke kamar mandi. Semoga mau dan tidak menolak.

Kalau perlu ajak ngomong pake bahasa Anda sehari hari, Admin percaya kalau batin Anda dan kucing sudah dekat, meski berbeda bahasa, nanti juga bakal ngerti.

2. Gunakan air yang suhunya normal

Usahakan untuk selalu gunakan air yang suhunya sama kaya suhu ruangan. Tujuannya agar kucing merasa nyaman. Tidak kepanasan maupun kedinginan karena suhu air.

3 Guyur atau basahi secara perahan

guyur kucing

Nah selanjutnya, coba guyur kucing secara perlahan. Jangan sampai kena muka dulu. Biar hidung dan telinga kucing tidak kemasukan air.

Selain itu, kenapa harus pelan pelan karena biar kucing tidak kaget saat kesiram air.

4. Gosok dan gunakan shampo khusus kucing

Gosoklah bulu kucing secara perlahan, bisa dengan memijatnya sebentar. Agar kucing rileks dan menikmati setiap proses mandinya.

Tak lupa selalu gunakan shampo khusus kucing. Seperti yang saya lihat di https://myhewan.com, tujuan penggunaan shampo khusus kucing adalah biar bulu kucing Anda tidak rontok dan tetap sehat. Dan bila mana rontok bisa diupayakan dengan menggunakan shampo pelebat bulu dan makan makanan kucing khusus untuk melebatkan bulu.

5. Bilas

Setelah proses pemberian sampo selesai, segera bilas kucing. Jangan lupa bersihkan area kepala secara perlahan. Kalau bisa gunain lap basah. Tak lupa bersihkan juga area telinga dengan lembut, bisa gunain kapas atau pembersih telinga manusia.

6. Keringkan dengan handuk

keringkan dengan handuk

Setelah proses memandikan kucing selesai, jangan lupa untuk mengeringkan bulu kucing. Jangan sampai ia basah terlalu lama. Kasian, nanti kedinginan, bisa bisa kucing malah masuk angin.

7. Jangan terlalu sering

Nah selanjutnya usahakan untuk jangan terlalu sering memandikan kucing. Lalu kira kira berapa kali kucing mandi dalam sebulan ? Ya kalau bisa cukup 1 -3 kali saja. Jangan terlalu sering maupun jangan terlalu jarang juga. Sesuaikan saja dengan kegiatan kucing.

Galeri untuk Tips Mudah Memandikan Kucing Biar Gak Lari larian